|

Berita KidZania
2012-07-01
KidZania Congrezz 2012 – 2013 “The Young Leader For a Better World”
Jakarta, 1 Juli 2011 – Mempersiapkan dan mengembangkan anak-anak sebagai pemimpin masa depan bangsa tidak hanya dilakukan di sekolah sebagai institusi pendidikan formal, namun ternyata dapat dilakukan melalui konsep bermain peran. Sebagai bentuk komitmen dan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia, KidZania Jakarta kembali menyelenggarakan program KidZania Congrezz Indonesia periode 2012-2013.

KidZania Congrezz Indonesia adalah salah satu event besar KidZania Jakarta untuk mencari dan menyeleksi empat belas (14) anak-anak yang akan menjadi anggota dewan legislatif yang disebut KidZania Congrezz dari seluruh daerah di Indonesia. Anggota KidZania Congrezz yang disebut CongrezzKidz ini akan bertugas layaknya sebagai anggota dewan legislatif di suatu negara, seperti: membentuk undang-undang, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang; menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat, termasuk memberikan masukan, membantu dan mengawasi jalannya pemerintahan kota KidZania. Anggota KidZania Congrezz terdiri dari anak-anak berusia 7-15 tahun, yang berprestasi di sekolah dan di luar sekolah. Setiap anggota dewan legislatif ini akan diberikan hak untuk memperoleh akses masuk dan menikmati fasilitas permainan di KidZania secara gratis selama satu tahun.

CongrezzKid akan melakukan kegiatan sidang secara reguler untuk membahas, mengajukan rancangan undang-undang, belajar mengenai berbagai bentuk pemerintahan, lobi politik untuk memperjuangkan suatu tujuan, serta melakukan kunjungan kerja ke ASEAN Secretariat, ASEAN Foundation Headquarters, Rumah Sakit Dharmais Unit Kanker Anak, dan kantor Manajemen Indonesia AirAsia. Program KidZania Congrezz Indonesia periode 2012-2013 kali ini mengangkat tema “I Am an Edutainer, Therefore I Am In Edutainment”. Melalui tema ini, diharapkan Congrezzkidz yang terpilih nanti mampu mengajak anak-anak di Indonesia untuk memiliki karakteristik Edutainer, dimana mereka belajar dengan cara yang menyenangkan lewat perpaduan konsep education-entertainment namun juga berprestasi.

Inagurasi KidZania Congrezz akan dilakukan layaknya prosesi pelantikan anggota legislatif di suatu negara. Kegiatan ini berlangsung di The Metropolitan Theater of KidZania pada hari Minggu, 1 Juli 2012 pada pukul 10:00 – 13:00 WIB. Ibu Uchu Riza selaku City Mayor KidZania Jakarta melantik dan meresmikan pembukaan kegiatan KidZania Congrezz Indonesia 2012 – 2013. Prosesi kenegaraan dimulai dengan pembacaan sumpah CongrezzKid, dilanjutkan dengan pelantikan dan penandatanganan pakta perjanjian. Keseluruhan acara akan dipandu oleh Million Sekarsari, penyiar stasiun televisi Metro TV, Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kegiatan yang ditunggu-tunggu warga KidZania, yakni parade keliling kota KidZania oleh CongrezzKidz 2012 – 2013 bersama dengan ketiga maskot KidZania: Urbano, Vita, Bache.

foto01

foto01

foto02

foto02

foto03

foto03

foto04

foto04

foto05

foto05

foto06

foto06

foto07

foto07

foto08

foto08

foto09

foto09

foto10

foto10

foto11

foto11

foto12

foto12

foto13

foto13

foto14

foto14

foto15

foto15

foto15

foto15

foto15

foto15

foto15

foto15

foto15

foto15



KidZania Congrezz Indonesia 2012-2013 yang didukung oleh Salonpas, Telkomsel, Indovision, Indonesia AirAsia, radio Jak FM, Gen FM, Media Indonesia, Metro TV, Majalah Putra Bangsa dan Pigeon ini berhasil menjaring dan menyeleksi putra-putri terbaik dari seluruh Indonesia untuk menjadi calon anggotanya. Pembukaan pendaftaran dan proses seleksi yang ketat telah selesai dilakukan pada 21 Juni 2012 lalu. Sejumlah 2.264 anak telah berpartisipasi dengan mengirimkan formulir pendaftaran secara langsung maupun mendaftar melalui website KidZania Jakarta.

Seluruh calon peserta yang mendaftar harus melalui dua tahap seleksi ketat, termasuk mengirimkan tulisan tentang kepedulian terhadap lingkungan, budaya, dan pemerintahan serta hasil wawancara dengan tokoh masyarakat di wilayah tempat tinggal pendaftar. Di tahap kedua dilakukan wawancara tatap muka langsung serta video conference untuk peserta dari luar daerah. Mereka diuji tentang wawasan, minat, bakat, ilmu pengetahuan, kemampuan memimpin, serta visi misi mereka dalam memajukan kota KidZania.

Dewan juri yang terlibat dalam proses seleksi antara lain: Ibu Uchu Riza – City Mayor KidZania Jakarta, Bapak George Aly Razi – Deputy City Mayor KidZania Jakarta, Bapak Fahri Hamzah – Wakil Ketua Badan Kehormatan DPR RI, Bapak Suryopratomo – Direktur PT Media Televisi Indonesia (Metro TV), Bapak Diaz Astraguna - Marketing Manager PT Hisamitsu Pharma Indonesia (Salonpas), Ibu Amelia Bertyapaty – Mid Year Coordinator Al Jabr Islamic School dan Ibu Astrid Wulan Sari – Psikolog.

Setelah melewati berbagai proses seleksi tersebut, empat belas (14) putra-putri terbaik Indonesia telah lolos dan terpilih sebagai anggota KidZania Congrezz Indonesia 2012-2013. Anak-anak tersebut mewakili berbagai daerah di nusantara yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Gorontalo. Untuk selanjutnya, para anggota CongrezzKidz akan mengikuti sidang Congrezz pertama dan kunjungan kerja pada tanggal 2 – 5 Juli 2012, dan sidang kedua di bulan Desember mendatang.

Bagikan |
Feedback